Berita Koran

SUMATERA EKSPRES L.P.6
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pesanggrahan menumbing


Banyak peninggalan bersejarah yang dapat kita temui di pulau Bangka. Diantaranya adalah pesanggrahan menumbing. Pesanggrahan ini berukuran tidak terlalu besar. Gunung menumbing  (445m), berjarak 12 km dari kota Mentok. Di puncak bukit ini berdiri kompleks vila atau pesanggrahan yang dibuat oleh belanda sebagai tempat peristirahatan pegawai perusahaan timah Bangka tin winning bedriff pada tahun 1927.
Pesanggrahan menumbing merupakan tempat pengasingan para pemimpin RI oleh pemerintah belanda. Menurut keterangan pelaku sejarah muntok, yang paling banyak menghabiskan waktunya di sini selama pengasingan adalah Bung Hatta. Gedung tempat para pemimpin RI ini menginap dikelilingi kerangkeng besi dan dijaga ketat oleh penjajah belanda waktu itu, terutama kamar Bung Karno dan bung Hatta
Saat ini, pesanggrahan tersebut berfungsi sebagai hotel wisata. Bangunan berarsitektur megah tersebut masih berdiri kokoh sebagai symbol perjuangan dan budaya. Ruang kamar bekas para pemimpin itu masih dapat dilihat. Ruangan tersebut dipelihara dan dijadikan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan para tokoh pejuang yang masih bisa diselamatkan. Benda-benda bersejarah yang masih dapat dilihat, antara lain Mobil BN. 10 yang sering dipergunakan Bung Karno dan meja tulis  dari batu pualam serta catatan sejarah lainya.

Sumber: Seri Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Sosial, Nur Asiah

No comments:

Post a Comment

                      ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ                          “Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Google+ Followers

Followers

Read more: http://anggadwisaputrablog.blogspot.com/2014/05/tombol-next-page-pada-blog-mudah.html#ixzz3YEPRuwMv